Jumat, 18 November 2016

halusinasi hujan

Lihat apa yang gue lakuin malam ini? gue mau ngisi blog gue pake acara di draft dulu. biasanya juga trabas aja macam bus sumber bkencono solo-surabaya semua tulis sampai titik terakhir tanpa berhenti, tapi ada perbedaan untuk tulisan yang ini dan entah apa akan berlanjut pada tulisan gue nantinya atau tetap pada pola suka-suka gue mau nulisnya bagaimana.

Sebelumnya gue cerita kalo alasan menulis yang sering terjadi adalah karena kegelisahan yang dicurahkan, dan beberapa tulisan gue lainnya ternyata adalah alasan gue untuk menyampaikan pesan. karena gue gak punya kesempatan atau mungkin masih belum ada kesempatan untuk berbicara secara langsung, emang gue sadari gue lebih baik dalam berbicara sebagai media pendekatan daripada tulisan. ya karena belum di-ke-sempat-kan dalam momen bernama ngobrol, menjadikan ngoceh sendiri dalam tulisan adalah pelampiasannya. seseorang yang gue suka tulisannya, secara tidak langsung memacu gue untuk menulis lagi diblog sebagai penawar kegelisahan dan penyampai pesan. dan pastinya akan menjadi sebuah kenangan jika kembali membacanya di tahun-tahun kemudian. iya, di sekian tahun gue menghilang dari dunia blog, tulisan yang pernah tercipta bak poto-poto dari album poto lama yang jika anda buka tiap lembarnya anda akan teringat seluk-beluk hal mengenainya. bahkan gue sempat berpikiran untuk membukukan tulisan diblog gue ini dalam 5 atau 10 tahun lagi seandainya gue masih menulis. alasannya sederhanya saja, hanya untuk mengawetkan kenangan-kenangan dalam suatu masa ketika masa itu adalah dimana gue berani bercerita akan kisah-kisah perjalanannya. gue yakin jika memang akan tercipta buku itu, entah apa perasaan gue nanti saat membaca paragraf ini? ;D

76 Days later...

Setelah berhari-hari hingga bulan setelah 2 paragraf diatas akhirnya tulisan ini dilanjutkan pada paragraf ketiga. dan seperti yang gue kira, menulis dengan cara membuat draft tanpa catatan pribadi bukan cara gue ngeblog selama ini. karena tanpa catatan diluar draft, gue yakin tulisan ini bakalan berubah atau berkembang bahkan nyasar dari awalan topik yang mau dibahas dari kata penulisan paragraf pertama. biarlah, semua sudah terjadi adanya. biar gue tuliskan sedikit apa yang terjadi dalam 76 hari terakhir sebelum tulisan ini dilanjutkan.


*tarik nafas dalam-dalam* *hembuskan semua sampai tak tersisa* *bernafas normal*

Ketika postingan diblog sebelumnya gue menceritakan tentang seseorang, seseorang yang membangkitkan gairah gue dalam menulis blog karena kesenangan dia adalah blogging. maka tulisan kali ini akan menuliskan tentang seseorang yang membuat gue hanya ingin mencurahkan segala kata perkata diblog tanpa berharap tulisan ini dibacanya, tapi jika tetap ingin membaca sangat dipersilahkan. karena disini gue menulis dengan hati karena semua tulisan diblog ini juga terangkai lewat hati.

Beberapa waktu lalu gue dipertemukan dengan seseorang dalam sebuah teater layar lebar di pusat kota, berawal dari sebuah ajakan gue tentang film yang sedang ditayangkan. hari itu adalah pertemuan pertama kita setelah beberapa hari ngobrol lewat social media, gue sangat menikmati setiap momen-momen yang terjadi. ketika di studio teater terlihat adegan-adegan yang menyeramkan (bagi dia) dan biasa banget bagi gue (maklum biasa nonton yang sadis-sadis. LOL) secara berkala gue menenangkan dan memastikan "semua baik-baik aja, gue ada disini dan jangan takut" walaupun tanpa kata-kata. karena emang seharusnya pria bertanggung jawab atas pasangan yang sedang bersamanya, memberikan jaminan kalo dia akan kembali pulang dengan segala hal utuh tanpa ada yang kurang. setelahnya, berkesempatanlah kita pada tempat yang sederhana tapi bisa ngobrol sepuasnya. karena gue memang tipikal manusia yang ngobrol, karena ngobrol ngebuat gue bisa saling bicara dengen mengutarakan emosi dibalik kata-kata yang terucap lewat gerakan visual kita. sangat menyenangkan bukan, jika seseorang berkata dia senang bersama anda dan saat itu terucap, dia tersenyum lebar tepat dihadapan anda? itu lebih berarti daripada hanya sekedar tulisan dan kata-kata. hal ini juga berlaku untuk seseorang yang mengungkapkan perasaan sedih atau jenuh terhadap anda ;)

Hari-hari mulai dilalui dengan sapaan-sapaan hangat saat pagi hingga menutup hari. entah apa saja yang kita bicarakan tapi disetiap pesan masuk ke ponsel gue, gue selalu bisa merasakan setiap kata yang tertulis terdapat suara-suara yang bisa gue denger secara langsung. hal-hal seperti itu terjadi pada sebuah hubungan baru yang mulai dibangun, apalagi jika orang tersebut merupakan tipikal orang yang sudah lama tidak kita temukan. dan setiap obrolan yang tercipta menjadi semakin intense dari waktu ke waktu. bahkan sampai gue memberanikan diri kenal dengan keluarganya dan berharap dikenalkan pada sahabat-sahabatnya, karena semua hal ini gue dasarkan pada niat yang baik, niat untuk hubungan yang lebih baik. semakin hari berlalu tidak terlihat tanda gue akan berjumpa dengan orang terdekatnya selain gue yang (terlihat memaksakan) kerumahnya sehingga bertemu orangtuanya. entah apa yang dikhawatirkan olehnya, tapi jika akan terus seperti ini maka akan berlarut-larut tiada akhir. hanya sebuah keberanian dan sikap bisa mengatasinya, padahal dari awal gue sudah siap untuk menanggung banyak hal bersama. tapi untuk apa kalo pada akhirnya hanya gue sendiri yang melakukan hal itu tanpa ada langkah yang sama, yang dibutuhkan untuk berjalan itu adalah menyeiramakan langkah kaki. bukankah ini keahlianmu nona? :) entah bagaimana jika hanya sebelah kaki yang digunakan, pastinya akan menjadi sulit dan tanpa keseimbangan. dan hal-hal sederhana yang bisa gue lakuin seakan-akan hanya akan hanya menjadi gumpalan awan saja. pada akhirnya entah gue sendiri yang merasakan atau memang ada hal-hal yang menjadi terhindarkan, gue ngerasa akan terjebak dalam halusinasi hujan. karena gue belajar romansa dan menjalin hubungan dari @hitmansystem , hal-hal begini sudah sangat diperingatkan keras bahwa akan menimbulkan sifat-sifat yang hanya menjadi beban sendiri jika terlalu dinikmati sendiri. tetapi gue tetap menikmati apa yang terjadi sambil tetap mengontrol diri dari (mungkin) kekecewaan diakhir nanti, setidaknya kalo sudah kita persiapkan diri (dari kecewa) dan jika memang akan ada kecewa, cukup mudah rasanya untuk disudahi dan melanjutkan bersenang-senang kembali.

Setelah beberapa pekan terlewati hubungan pun menjadi semakin intim dan menyenangkan, menikmati kesulitan bersama, membicarakan tentang banyak hal dan (sesekali) hengot berdua. dan akhirnya gue terjebak dalam halusinasi atas semua hal yang terjadi, karena emang pada dasarnya niat gue adalah untuk hal-hal yang baik bahkan dalam doa sekalipun. hari berganti dan ilusi menjadi-jadi pada satu sisi, pada diri gue sendiri. gue terbiasa melakukan hal-hal menyenangkan selama ini dan ternyata hanya gue sendiri yang menikmati. gue sadar hal-hal menyenangkan yang biasa gue lakuin, ketika gue coba berbagi ke oranglain, tetep aja gue yang nikmatin sendiri. gue sadar penuh kalo kesenangan dia juga berasal dari orang-orang disekitarnya dan gue juga pengen diposisi yang sama, tetapi akhirnya gue (mungkin) gak terhitung adanya. setelah beberapa waktu gue mulai sadar bahwa kebiasaan-kebiasaan sederhana yang gue lakuin ternyata tidak menjadikan situasi yang baik, tidak lebih baik dari yang oranglain berikan. so, ketika gue tetep nganggep semua berjalan dengan baik, karena semua obrolan yang kita bicarakan semuanya terlihat seperti hal-hal baik seperti sebelumnya. ternyata hal itu lah yang menjadi bomerang buat gue atas rasa (jenuh) yang ada padanya.

Ketika gue sadar ada hal yang perlu kita bicarakan tetapi tidak pernah ada kata pertama dalam obrolan tentang ini untuk jadi pembahasan dan akhirnya BYUUUUR! tidak lewat obrolan, semua hal yang bisa dibicarakan turun dengan derasnya menghujani teriknya siang hari, dan dengan social media kata per kata yang hanya bisa terbaca tanpa gue bisa ngerti ekspresi seperti apa pada dirinya saat semua rintik kata yang diutarakan itu perlahan membasahi. gue gak butuh payung untuk berlindung, gue penikmat hujan. jikalau tubuh ini kebal penyakit flu, gue bakal selalu dibawah hujan kala ia turun membasahi. sekujur tubuh telah basah karena hujan, semua rintikan kecil itu telah turun dengan derasnya. tanpa sempat ada obrolan tentang cuaca yang mulai mendung berawan yang mungkin kita bisa bicarakan "mungkin ada rintikan, kamu mau berteduh atau berjalan membawa payung?". iya, gue kehujanan basah tanpa persiapan atau perlindungan. setelah basah kuyup akhirnya gue sadar, gue butuh mengeringkan diri sambil menikmati indahnya kemilau pelangi di ujung langit.

Keadaan sepertinya mulai berubah, berbagai hal yang kita biasa lakukan kini mulai luntur, larut dalam tetesan hujan yang sudah membasahi diri dengan derasnya tadi. apakah hal-hal itu bisa diperbaiki? ataukan kembali merelakan diri yang telah basah ini? sejauh ini, tubuh yang telah basah kuyup tetap bisa dinikmati. dingin sendiri, mengigil sendiri dan tanpa sambut hangat lagi. dirinya perlahan menghilang bersamaan dengan hujan yang kini telah mengalir entah kemana. telah dibawa bersama dirinya hal-hal kecil sederhana, kini kesederhanaan itu terlihat kian memaksa. sepertinya hal ini adalah sebuah tanda, gue gak akan merasakan kesederhanaan-kesederhaan yang ada sebelumnya.

Well, selagi menikmati indahnya warna pelangi, gue semakin belajar banyak hal. tentang awalnya rintik hingga menjadi turun hujan, tentang waktu yang berjalan akan bermanfaat atau berlalu, dan tentang kesenanganmu yang belum tentu barlaku bagi orang disekitarmu. jangan lupakan dirimu yang sebelumnya, menikmati hari-hari dibawah sinar matahari dengan selalu menyebarkan kebahagiaan dan cinta. dan ingatlah bahwa hujan yang mengiringi harimu juga membantu membersihkan diri untuk kenyamanan melanjutkan aktivitasmu dikemudian hari :)



"When do you think people die? When they are shot through the heart by the bullet of a pistol? No. When the are ravaged by an incurable disease? No... It's when they're forgotten!" - Dr. Hiluluk
(One Piece)



1 komentar:

  1. Coin Casino | Best Bitcoin Online Casino in 2021
    Coin Casino is a Bitcoin online casino that has established itself as one of the top Bitcoin casinos on the market. Read our 인카지노 detailed review and claim your bonus.🎲 Games: 211💰 Min Withdrawal: $10🎲 Games: 바카라 사이트 200📈 바카라 Welcome Bonus: 125% up to $400

    BalasHapus